Festival ini

dipersembahkan oleh Cinematography Club Fikom Unpad.
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 08 Januari 2011

Saatnya Karya Dipastikan Memenuhi Ketentuan, Lalu Dikurasi. Semuanya Dapat Ruang untuk Diapresiasi.

Sekitar 40 karya film dan video klip telah masuk . Kami belum bisa menyebutkan angka pastinya karena beberapa karya belum melengkapi ketentuan sehingga belum terhitung sebagai karya yang masuk kompetisi. Kelengkapan yang dimaksud yaitu:
  • poster film dan poster musisi untuk kompetisi video klip ukuran A2 yang sudah diprint.
  • foto behind the scene untuk kompetisi film pendek minimal 3 buah ukuran minimal 8R yang sudah diprint
Kenapa keduanya menjadi penting? Itu karena kami berencana akan mengadakan pameran poster dan foto behind the scene untuk setiap karya yang didaftarkan. Selain dua hal itu, untuk kompetisi film pendek, beberapa pengumpul karya belum menyertakan surat keterangan yang menjamin bahwa elemen tambahan yang digunakan dalam film (seperti footage video dan/atau musik latar) adalah original atau atas izin pihak terkait.

Panitia memiliki kebijakan memberikan waktu 2x24jam (hingga Senin, 10/1) kepada peserta Festival Padjadjaran: Festival Film dan Video Klip Bandung 2011 untuk melengkapi persyaratan tersebut. Walau masih tergolong festival yang baru, kami tetap berusaha mencoba menjalankan Standard Operating Procedure sebuah festival yang lazim berlaku.


Setelah karya dipastikan telah memenuhi ketentuan kompetisi, panitia akan melakukan sistem kurasi terhadap karya-karya yang masuk. Panitia telah memiliki tim kurator yang turut menentukan programming dari festival ini. Tanpa bermaksud arogan, tim kurator memiliki kewenangan penuh untuk menentukan karya yang masuk official selection dari Festival Padjadjaran: Festival Film dan Video Klip Bandung 2011 dan maju ke tahap penjurian. Perihal berapa jumlah karya yang lolos, panitia tidak menentukannya dengan patokan angka tertentu. Hal itu merupakan bagian dari festival programming.


Walaupun demikian, seluruh pengumpul karya (sineas) memiliki kesempatan untuk mendapat ruang untuk terapresiasi, selain melalui pameran poster dan foto bts dari tiap karya saat pelaksanaan festival (27-29 Januari 2011) meski karya tersebut tidak masuk official selection, juga melaui posting pribadi dalam blog ini. Sebagaimana tercantum dalam ketentuan, "Filmmaker dan Videografer yang sudah mendaftarkan karyanya akan diberi akses (email dan password) untuk mengisi blog resmi Festival Padjadjaran sebagai bukti keikutsertaan. Filmmaker dan Videografer dapat memanfaatkannya untuk ajang promosi diri dan/atau karyanya. Akses diberi setelah penyerahan karya."


Tak ada batasan dalam menulis di blog ini selama bertanggung jawab, dengan artian setiap posting dibubuhi nama penulis dan asal komunitas/kelompok/tim produksi. Dari sana seluruh sineas dapat menerangkan apapun yang berkaitan dengan diri, karya, komunitas/kelompok/tim produksi, atau film/bidang sinematografi secara umum ataupun konteks sosial yang melingkupinya. Panitia memiliki wewenang untuk menutup posting-an yang dapat memicu konflik.


Inilah "Ekspresi Kebebasan".
Mari kita berfestival! 

3 komentar:

Partisipan mengatakan...

sasdayanto I SAY Production

"festival film itu tidak usah mencari hadiah" jadi bagi para penyelenggara ga usah mentingin mau ngasih hadiah apa, sehingga ketika ketika hadiah tidak ada sesuai janji tiba2 festival di tiadakan dengan alasan2 yg tidak logis, seperti tidak ada peserta, atau no award...seperti yg sering sekali terjadi di fest2 sebelumnya...mudah2an mantan panitia festival yg di maksud baca tulisan ini

H.R.F! mengatakan...

cara tau karya yang masuk ke dalam official selection gimana ya ???

Panitia mengatakan...

Nanti akan ada pemberitahuannya di blog ini.

Dipersilakan kepada rekan-rekan SAY Production dan Helmy untuk mendeskripsikan karya dan tim/komunitasnya serta pandangannya tentang perfilman Kota Bandung pada khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.

Pendeskripsian tersebut menjadi penting karena hal ini adalah bagian dari proses katalogisasi karya sinematografi yang pernah dibuat sineas Bandung-sekitarnya dan bagian dari pembangunan jejaring (networking) di antara para sineas Bandung-sekitanya.

Rekan-rekan diharapkan turut ambil bagian dengan menggunakan akses (email dan sandi) yang sudah kami beritahukan kepada para pendaftar karya.

Terima kasih.

Posting Komentar